Jumat, 01 Maret 2013


PEPAK BOSO JAWI
(WAYANG)

Wayang adalah kesenian asli Indonesia yang banyak menceritakan kisah Mahabarata yaitu kisah peperangan antara Pandawa dan Kurawa dan Ramayana yaitu kisah Rama dan Sinta dimana Sinta isteri Rama diculik oleh Rawana, berkat bantuan pasukan kera yang dipimpin oleh Hanoman maka sinta bisa di rebut kembali oleh Rama. Tetapi 2 cerita diatas tidak merupakan cerita Pakem (yang harus) tetapi dalang bisa mengambil cerita dari Cerita Babad/Panji (kumpulan cerita Jawa) .Di Indonesia banyak sekali kesenian Wayang :
  1. Wayang Kulit
  2. Wayang Orang
  3. Wayang Golek
  4. dan jenis wayang menurut daerannya
Kesenian Wayang biasanya diiringi oleh  iringan musik gamelan yang dimainkan oleh kelompok Nayaga dan tembang/lagu jawa yang dinyayikan oleh seorang Sinden.Wayang Kulit dan Wayang Golek  dimainkan oleh seorang Dalang

Tak ada bukti yang menunjukkan wayang telah ada sebelum agama Hindu menyebar di Asia Selatan. Diperkirakan seni pertunjukan dibawa masuk oleh pedagang India. Namun demikian, kejeniusan lokal dan kebudayaan yang ada sebelum masuknya Hindu menyatu dengan perkembangan seni pertunjukan yang masuk memberi warna tersendiri pada seni pertunjukan di Indonesia. Sampai saat ini, catatan awal yang bisa didapat tentang pertunjukan wayang berasal dari Prasasti Balitung di Abad ke 4 yang berbunyi si Galigi mawayang.Pertunjukan wayang kulit telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003, sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan berharga        ( Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity ). Wayang kulit lebih populer di Jawa bagian tengah dan timur, sedangkan wayang golek lebih sering dimainkan di Jawa Barat.
Pada perkembangan Islam masuk ke Jawa kesenian wayang juga sebagai media penyampaian dakwak, yang disampaikan oleh sunan Kalijaga dengan Wayang Beber. Berikut ini gambar-gambar dalam Wayang Kulit























































Gambar dalam wayang kulit ini mungkin hanya beberapa sebagian kecil dari galleri wayang kulit diIndonesia mengingat Jenis Wayang Kulit berdsarkan daerahnya:
Sumber :
  1. Wikipedia.org
  2. Ki-demang.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

SDN BANARAN 3 KERTOSONO
Lihat profil lengkapku